Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Sebagai bentuk empati pada masyarakat yang terkena musibah kebakaran pada Rabu 10 Juli 2019 kemarin, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda) mengunjungi masyarakat yang terkena musibah kebakaran di jalan Ki Kemas Rindo, Lorong Santai 2 Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Pakembang, Kamis (11/07).

Saat mengunjungi masyarakat Finda mengatakan, bahwa kunjungan ini untuk melihat langsung masyarakat yang mendapat musibah,  ini menunjukkan bahwa mereka tidak sendirian bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan masyarakat lainnya peduli.

“Kebakaran yang terjadi kemarin di Kelurahan Ogan Baru, merupakan musibah bagi kita semua. Berdasarkan informasi yang dapat kami himpun ada sekitar 113 rumah yang terbakar.  

Sebagai Pemerintah Kota Palembang Kami akan membantu apa yang menjadi kesulitan mereka,” ungkap Finda.

Ia bersama jajaran Pemkot Palembang akan terus mendata, jika rumah itu memang milik sendiri akan dibantu untuk dibangunkan kembali. Bantuannya sebesar Rp25 juta. Namun Finda menyampaikan bahwa bantuan itu tidak dalam bentuk uang tunai tetapi dalam bentuk bahan bangunan agar bisa digunakan untuk membangun kembali.

“Selain bantuan bahan bangunan senilai Rp 25 juta, kita juga memberikan bantuan dalam bentuk beras, perlengkapan sekolah anak-anak seperti pakaian seragam sekolah, sepatu, tas dan juga buku-buku sehingga anak anak pada hari Senin nanti tetap dapat bersekolah,” jelasnya.

Tidak hanya pemilik rumah yang dibantu bahan bangunan. Bantuan juga diberikan untuk setiap KK uang tunai sebesar Rp 2.750.000.  Pemkot Palembang juga akan membantu pengurusan surat-surat yang ikut terbakar seperti ijazah, akta kelahiran, KTP dan KK.

“Dari Musibah ini kita ambil hikmahnya agar tidak terulang lagi. Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Palembang untuk lebih berhati-hati kalau mau meninggalkan rumah. Karena rumah-rumah di Palembang rata-rata berbahan kayu, serta berdempet serta akses jalan kecil  jika terjadi kebakaran akan susah menjangkau untuk pemadaman,” himbaunya.