Detak-Palembang.com PALEMBANG – Aparat kepolisian Polda Sumsel bersama Polresta Palembang sukses menggelar Karnaval Kebhinekaan yang merupakan event satu satunya di dunia.

“Ini adalah event satu satunya di dunia karena belum ada kegiatan seperti ini dilaksanakan,”kata Kapolda Sumsel Irjen Firli Sabtu,(20/7).

Menurutnya kegiatan ini, juga sebagai langkah mempersatu bangsa karena menganut konsep keberagaman suku, agama ras dan di balut dalam kebhinekaan.

“Kita ada lomba karnaval menggunakan baju adat. Berjalan di sepanjang jalan Merdeka kembali lagi ke BKB. Sebagai simbol meskipun berbeda-beda kita tetap satu Indonesia,”ucapnya

Selain itu juga kegiatan diisi dengan adanya deklrasi kebangsaan yang di bacakan oleh para pemimpin di Sumsel seperti Gubenur dan Walikota bersama para pejabat POLRI dan TNI. Deklrasi kebangsaan pun diikuti oleh para ormas ormas lima agama di Sumsel.

Kegiatan pun melibatkan ribuan warga Sumsel dari berbagai kabupaten kota. Masyarakat di libatkan dalam kegiatan jalan santai dan dimanjakan dengan banyak hadiah mulai dari sepeda motor sampai televisi. Di puncak penutupan artis ibu kota Mahadewi sukses merampungkan acara dengan manis yang mampu menghipnotis penonton dan peserta mendatangi Benteng Kuto Besak (BKB) dari pagi sampai sore hari.

Ketua Pelaksana Karnaval Kebhinekaan merupakan Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah mengatakan, terimakasih kepada masyarakat atas dukungan dan apresiasinya. Meskipun acara disebutnya sempat diguyur hujan tapi tetap terlaksana secara lancar.

“Saya selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih. Saya senang semua masyarakat Sumsel ikut terlibat. Karena memang acara ini kita buat untuk masyarakat,”ucapnya. (molem)