Detak-Palembang.com LONDON – Novak Djokovic berhasil mengondol juara nomor final tunggal putra Wimbledon 2019 setelah mengalahkan pemegang gelar juara Wimbledon terbanyak untuk nomor tunggal putra, Roger Federer, yang di gelar di Centre Court, London, Minggu (14/7). 

Petenis asal Serbia itu menyudahi perlawanan Roger Federer dalam pertarungan lima set 7-6 (7-5) 1-6 7-6 (7-4) 4-6 13-12 (7-3) berlangsung selama 4 jam 57 menit. 

Durasi pertandingan tersebut merupakan rekor terlama untuk pertandingan final Wimbledon. 

“Ini seperti tidak nyata,” kata Djokovic seusai memenangi gelar kelimanya di turnamen grand slam lapangan rumput tersebut. 

Dengan tambahan satu gelar, total raihan gelar petenis asal Serbia itu di turnamen grand slam menjadi 16 titel. 

Djokovic menjadi petenis ketiga terbanyak dalam koleksi gelar juara grand slam di bawah Roger Federer (20) dan Rafael Nadal (18). 

Kemenangan di  Wimbledon 2019 juga akan mempertahankan posisi Djokovic sebagai petenis nomor satu dunia menurut peringkat ATP. 

Sementara itu, Federer gagal menyamai catatan petenis putri legendaris Amerika Serikat, Martina Navratulova, yang memiliki 9 titel Wimbledon di nomor tunggal.

“Ini merupakan pertandingan yang luar biasa, lama, dan membuat kami mempertaruhkan segalanya,” kata Federer.

“Selamat, Novak. Kawan, ini benar-benar pertandingan yang gila,” tutur petenis Swiss berusia 37 tahun itu.

Federer saat ini tercatat sebagai pengoleksi gelar juara terbanyak Wimbledon untuk nomor tunggal putra, 8 kali, dan terakhir kali meraihnya pada 2017.