Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyatakan dukungannya dan menerima dijadikannya Sumsel sebagai tuan rumah kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tahun 2020 mendatang. Hal itu disampaikannya saat menerima Kepengurusan HMI Sumsel di ruang rapat Gubernur, Jum’at (26/7). 

Namun ia mengingatkan untuk kesiapan dari HMI Sumsel itu sendiri, karena tidak bakal terlaksana bila hanya Pemerintah saja yang mendukung.

“Suksesnya penyelenggaraan kongres ini nanti  bukan diukur dengan besar tidaknya acara dibuat. Namun dilihat dari kesiapan HMI itu sendiri. Ini juga akan menjaga citra HMI Sumsel. Karena banyak tamu dari luar  yang akan datang dari seluruh penjuru Indonesia,” tegasnya.

Lebih  lanjut dia menegaskan Pemprov siap memberikan dukungan sesuai dengan  kemampuan daerah.  Karena peserta yang hadir nantinya akan membawa kesan baik tentang daerah ini sekembalinya ke daerah masing-masing.

“Tentu sangat menguntungkan bila kita menjadi tuan rumah dan mudah-mudahan hasil kongres akan melahirkan formatur kepengurusan solid,” imbuhnya sembari berharap agar HMI Sumsel menjadi tuan rumah yang baik.

Sementara itu Ketua umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumbangsel, Bambang Irawan mengatakan HMI sudah 100 persen siap mengadakan kongres di Palembang.

Dirinyan sudah berkeliling ke Kabupaten/ Kota. Seperti Kota Lubuk Linggau, Pali, Ogan Ilir, Musi Banyuasin untuk mencari dukungan dari kepala daerah hingga hari ini menjadi titik akhir untuk mencari dukungan dari pemimpin wilayah tertinggi yakni Gubernur Sumsel.

“Untuk pertarungan tuan rumah HMI Tahun 2020  diantaranya Malang, Solo, Palembang. Kami telah menyiapkan tiga slide video tentang kebudayaan, Pariwisata, Pendidikan  berlokasi di Sumatera Selatan yang akan ditampilkan pada saat sidang pleno pemilihan tuan rumah kongres pada tanggal 4 Agustus nanti. Hal itu bertujuan untuk menarik perhatian agar kongres diadakan disini,” ungkapnya. 

Lanjut Bambang ini merupakan suatu harga mati terlebih lagi karena sudah mendapatkan tanggapan positif dari Gubernur Sumatera Selatan, dan ia sangat yakin Palembang akan jadi tuan rumah. Melihat dari segi fasilitas yang sangat layak terlebih dan sudah pernah mengadakan event-event  besar baik nasional maupun Internasional.

Sementara itu Ketua umum pengurus besar himpunan mahasiswa Islam (PBHMI) Respiratori Saddam Al jihad menyatakan sangat optimis dan Sumsel juga mempunyai kesempatan sangat besar untuk menjadi tuan rumah, bahkan ia juga sudah berkomunikasi tokoh-tokoh besar Palembang ditingkat  Nasional alumni HMI untuk mendapatkan dukungan agar Kongres diadakan di Palembang.