Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Usaha Milik Daerah kota Palembang secara langsung melakukan serah terima Jaringan Gas Rumahtangga ke Pemerintah Kota Palembang di tahun 2019 sebanyak 6.034 Sambungan Rumah (SR). Pada tahun ini juga ada lima Kecamatan yang menerima Seberang Ulu 1 dan 2, Sako, Semarang Borang dan Jakabaring.

Hal ini secara langsung ditanggapi Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda bahwa Untuk pemasangan jaringan gas ini diberikan secara gratis kepada masyarakat dan tidak dipungut biaya. Selain itu juga masyarakat tidak perlu khawatir atas pemasangan Jargas karena biayanya pemakaianya tidak mahal. 

“Berdasarkan informasi dilapangan masyarakat masih takut untuk melakukan pemasangan gas karena takut terjadi kebocoran dan tagihannya besar. Maka dari itu kepada pihak terkait untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mengikuti program bantuan dari pemerintah,karena ini benar-benar gratis untuk pemasanganya,” jelasnya usai melakukan serah terima jaringan gas antara Kementrian ESDM ke Pemkot Palembang.

Ditempat yang sama Mariani Dirjen Infrastruktur Minyak dan Bumi menambahkan, kita akan secepatnya melakukan sosialisai kepada masyarakat agar tidak mengkhawatirkan akan keamananya, bersadarkan informasi dilapangan masyarakat masih takut untuk memasangnya. 

“Untuk pemasangannya sendiri akan diberikan secara gratis juga kompor karena ini seperangkat dengan pemasangannya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pembangunan kota Palembang Zuryati menguraikan jumlah 5 kecamatan yang menerima jargas ini adalah pembangunan tersebut dibagi per wilayah yaitu Seberang sebanyak 4 ribu dan Ulu sekitar 3 ribu. Jadi totalnya sebesar 6.034 Sambungan Rumah (SR).

“Ya hari ini kita baru memperkenalkan memperkenalkan kontraktornya kemudian kita memperkenalkan kepada pihak-pihak yang akan memberikan izin, kan kita memakai jalan nasional kemudian ada jalan provinsi ada prosing sungai, ” katanya.