Detak-Palembang.com BANYUSAIN – Demi memasyarakatkan olahraga sepakbola sekaligus menjaring bibit atlet yang handal dari daerah, Gubernur Sumsel H.Herman Deru rutin menghadiri langsung Kick off Turnamen Sepakbola U-20 Piala Gubernur Sumsel 2019. Salah satunya seperti kick off Kabupaten Banyuasin, yang digelar di Lapangan Munai Serumpun, Selasa (23/7) siang.

Kick off di kabupaten ini  menjadi titik ke-10 yang dilakukan Gubernur sejak turnamen itu digulirkan akhir Maret 2019 lalu. Tak hanya Gubernur, kick off kali ini lebih istimewa karena juga dihadiri Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri, Tokoh masyarakat Muhammad Yasser.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengungkapkan, setiap pembukaan kick off di Kabupaten/Kota Ia sengaja datang langsung tanpa berwakil sebagai bukti kepeduliannya untuk menghidupkan kembali olahraga rakyat termasuk salah satunya sepakbola.

“Saya buka tanpa pernah berwakil karena sangat tahu antusiasme masyarakat menyambut turnamen-turnamen,” ungkapnya.

Ia berharap, Piala Gubernur ini dapat meningkatkan semangat masuarakat terutama anak-anak muda untuk menyalurkan bakat. Sehingga nantinya akan lahir banyak bibit-bibit pesepakbola andalan dari seluruh penjuru Sumsel.

“Bukan semata-mata untuk kemeriahan saja, melainkan mencari bibit potensial, banyak bibit sepak bola yang sudah menunjukan kiprahnya ini merupakan bukti bagaimana Pemkab Banyuasin memberikan fasilitas,” tuturnya 

Sementara Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani dalam sambutannya mengatakan, Sejalan dengan Program Pemerintah Republik Indonesia melalui Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepak Bolaan Nasional  direspon cepat oleh Gubernur Sumsel, dengan menggalangkan Turnamen Sepak Bola U-20 serta di dukung oleh setiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumsel.

“Kabupaten Banyuasin, yang sudah siap menyambut kegiatan ini bahkan di tahun depan akan siapkan turunannya dengan mengadakan Bupati Cup di Kabupaten Banyuasin, kita tahu betapa antusiasnya masyarakat di Banyuasin menyambut Piala Kabupaten Gubernur Cup ini karna sebelumnya belum pernah ada Turnamen Sepak Bola besar yang di Support langsung oleh Bapak Gubernur,” ungkapnya 

Kedepan, Askolani menuturkan Pemkab Banyuasin berencana membangun stadion berstandar nasional, terlebih telah membuat masterplan di areal lahan seluas t 21 (Dua Puluh Satu) Hektar yang akan dijadikan Sport Center.

“Insya Allah menjadi Jakabaringnya Banyuasin, Kabupaten Banyuasin letaknya berdampingan dengan ibu Kota Palembang yang membuat kami lebih percaya diri untuk berprestasi walaupun dengan Sarana dan Prasarana yang apa adanya, Banyuasin siap menyambut event-event Nasional maupun Internasional yang akan di selenggarakan di Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.