Detak-Palembang.com JAKARTA – Ada enam faktor yang mampu menghancurkan sebuah negara, yakni SARA, radikalisme, korupsi, narkoba, hoax dan perundungan (bullying). Serangan keenam faktor ini sangat sistematis sehingga perlu menjadi perhatian khusus seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda dan kalangan milenial. 

Hal tersebut dipaparkan Director of Human Capital Management PT Waskita Karya (Persero) Tbk., Hadjar Seti Adji, saat memberikan motivasi kebangsaan kepada anak-anak SMA/SMK se-Jakarta di Aula Ahmad Yani, Kodam Jaya/Jayakarta, Cawang, Jakarta, dalam keterangan pers, Kamis (25/7). 

Hadjar mengingatkan peserta untuk mewaspadai faktor-faktor penghancur negara tersebut. Radikalisme, misalnya. Dijelaskan, generasi muda adalah target utama karena dianggap masih bisa dibentuk menjadi generasi yang radikal dan bisa direkrut sebagai teroris.

Selain itu, Hadjar juga menunjukkan kehebatan Indonesia, mulai dari sisi demografi, kebhinekaan dengan nilai religi yang tinggi, hingga ketersediaan material alam yang melimpah.  

’’Indonesia adalah the most beautiful country in the world. Itu sudah diakui dunia internasional. Bahkan, menurut hasil analisa Pricewater House Cooper, Indonesia diprediksi menjadi negara terkuat ke-5 dunia secara ekonomi pada 2030 mendatang,’’ tutur Hadjar. 

Menjelang akhir seminar, Hadjar mengingatkan para peserta untuk menjadi generasi muda yang great prayer, smart, fighter, dan dreamer sekaligus believer.  ’’Kekuatan doa sangat besar. Jangan lupakan itu. Kalian juga harus pintar, dalam hal ini bukan secara akademik melainkan pandai mengelola waktu dan fokus di sana. Kalian juga harus jadi pejuang yang tangguh. Terakhir, bermimpilah dan yakinlah akan mimpi tersebut,’’ kata Hadjar. 

Sekadar informasi, seminar kebangsaan ini merupakan kali keenam yang digelar Waskita Karya bekerja sama dengan Kodam Jaya/Jayakarta setelah 6 Maret 2019 lalu. Kali ini, kegiatan dalam rangka memberikan motivasi dan semangat bela negara tersebut, diikuti 360 peserta dari enam SMA/SMK se-Jakarta, yakni  SMAN 12, SMAN 61, SMAN 71, SMAN 91, SMAN 102 dan SMK Citra Darma.

Materi seminar bertajuk ’’Mempersiapkan Generasi Indonesia Hebat’’ ini akan diagendakan setiap bulan hingga akhir 2019 nanti. 

’’Penyelenggaraan seminar ini diharapkan dapat membentuk karakter para siswa-siswi SMA khususnya menjadi generasi muda yang memiliki nilai-nilai religius, cinta Tanah Air, dan peduli lingkungan,’’ kata Hadjar Seti Adji kepada wartawan usai memberikan motivasi.

Selain itu, imbuhnya, pihaknya berharap para siswa SMA yang mengikuti seminar kebangsaan memiliki kecintaan terhadap Tanah Air, sehingga dapat mengurangi pengaruh budaya-budaya luar di kehidupan generasi muda. 

Pada kesempatan ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk memberikan bantuan dana apresiasi sebesar Rp60 juta untuk masing-masing sekolah, dan bantuan pendidikan kepada 3 orang siswa berprestasi dari masing-masing sekolah. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya/Jayakarta Kolonel Infanteri Jacky Ariestanto S.Sos, M.Sos, dan Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk., Shastia Hadiarti.