Detak-Palembang.com KEDIRI – Puncak final gelaran turnamen bola voli putra, dan putri Piala Kades Sitimerto, berakhir mala mini, minggu (23/6/2019). Sebanyak 80 pertandingan, baik putra maupun putri menjadi hiburan tersendiri bagi warga Pagu pada khususnya.

Turnamen Piala Kades Sitimerto secara rutin diadakan setiap tahunnya, dan tahun ini memasuki penyelenggaraan ketiga kalinya. Dalam puncak parati final malam ini, Danramil Pagu Kapten Inf Warsito bersama Wakapolsek Pagu Iptu Supraytino, dan Kepala Desa Sitimerto Aditya Dimas Saputra menyaksikan secara langsung jalannya dua partai terakhir.

Diperkirakan jumlah penonton malam ini mencapai sekitar 1.000 orang, dan menurut pihak panitia penyelenggara, penonton lebih didominasi warga Kecamatan Pagu dari berbagai desa. 

Ditemui ditempat pertandingan, Aditya Dimas Saputra menjelaskan, bahwasannya turnamen ini diselenggarakan untuk mencari bibit pemain lokal Kediri, sekaligus menjadi tontonan olahraga yang menghibur warga Pagu.

Pada pertandingan perebutan juara ketiga putri, Putri Kelud ditantang Putri Kilisuci. Jalannya pertandingan itu sendiri memang terlihat agak kurang seimbang, dan Putri Kelud sukses mengungguli Putri Kilisuci 3-0 tanpa balas. 

Di set pertama, Putri Kelud unggul 25-14, dan keunggulan itu berlanjut pada set kedua, walaupun pada set ini Putri Kilisuci terlihat tampil habis-habisan. Di set kedua ini Putri Kelud unggul 26-24, dan diset penentuan atau set ketiga, Putri Kelud mengakhiri jalannya pertandingan usai unggul 25-13.

Menurut manager, dan pelatih Putri Kelud yang juga perwira staf Kodim Kediri, Letda Inf Trikoyo, pada pertandingan malam hari ini, timnya tampil percaya diri, dan merasa yakin bakal menang. Selain itu, tim Putri Kelud terdiri dari pemain-pemain muda, dan berstatus hasil pembibitan pemain secara berjenjang se-Kecamatan Plosoklaten.

Namun, ia sendiri mengakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, khususnya mental bertanding saat menghadapi lawan yang lebih memiliki nama, baik klub maupun materi pemain.

Puncak partai final berikutnya yang tak kalah seru, perebutan mahkota juara antara Putra Andaka versus Putra Haryob. Pertandingan ini sedikit berbeda ketimbang partai putri yang dimanikan sebelumnya, animo penonton terlihat lebih agresif. 

Hal ini dilihat dari sorak sorai antar pendukung maupun greget ketika tim favoritnya sukses mencatat poin dalam pertandingan tersebut.

Putra Andaka sukses menaklukan Putra Haryob 3-1, sekaligus mengangkat trophy juara Piala Kades Sitimerto. Di set pertama, Putra Andaka berhasil unggul 25-18, namun diset kedua, Putra Haryob unggul 25-21, sekaligus menyamakan kedudukan. 

Di set ketiga, tampil sama-sama agresif, Putra Andaka unggul tipis 28-26, dan di set keempat Putra Andaka memungkasi partai final tersebut dengan keunggulan 25-20.

Kapten Inf Warsito secara langsung menyerahkan trophy kepada juara ketiga, dan keempat putri, serta juara pertama, dan kedua putra. Penyerahan trophy tersebut sekaligus memungkasi turnamen bola voli tersebut yang sudah berlangsung selama 40 hari lamanya.

Sedangkan perebutan tempat ketiga putra yang berlangsung kemarin atau tepatnya 22 Juni, juara ketiga diraih Putra Otto usai mengalahkan Putra Soreng. Di hari itu juga, perebutan juara putri mempertemukan Putri Sentana versus Putri Hakiki. 

Pertandingan itu sendiri diadakan usai perebutan tempat ketiga putra, dan Putri Sentana sukses menaklukan Putri Hakiki, sekaligus mengangkat trophy juara. 

Untuk juara ketiga, dan keempat putra maupun juara pertama, dan kedua putri, trophy diserahkan langsung oleh Kapolsek Pagu AKP Ismu Kamdaris kepada kapten tim masing-masing, kemarin.