Detak-Palembang.com JAKARTA –  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengajak para gubernur di pulau Sumatera khususnya yang masuk dalam wilayah Belajasumba yakni Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung untuk meningkatkan kerjasama di berbagai sektor khususnya pembangun di wilayah sekitar perbatasan provinsi.

Harapan tersebut diungkapkan Herman Deru di sela-sela menghadiri pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim di Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Rabu (12/1). 

“Saya sengaja hadir dalam pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung ini. Sebagai salah satu bentuk sukacita serta dalam rangka merajut tali silahturahmi. Apalagi Sumsel betetangga langsung dengan provinsi Lampung,” ucap Herman Deru.

Lebih lanjut Herman Deru menambahkan, sebagai tetangga dekat Lampung. Sumsel akan meningkatkan kerjasama di berbagai sektor khususnya di sekitar wilayah perbatasan,” tambahnya.

Bukan hanya dengan Provinsi Lampung lanjut Herman Deru. Kerjasama yang erat juga harus terjalin provinsi lainnya khususnya yang masuk dalam wilayah Belajasumba yakni Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung.

“Kita akan lakukan sinergi dengan provinsi-provinsi terdekat.  Kita ingin membuat kekuatan ekonomi yang mungkin bisa memberikan kebaikan bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Herman Deru mengatakan bahwa nantinya  Belajasumba akan  bekerjasama dalam berbagai bidang seperti pertanian dan pendidikan, menumbuhkan perekonomian. khusus dengan Lampung sekarang sudah terhubung jalan tol ke Palembang. Ini akan memudahkan masyarakat untuk akses jalan perekonomian warga sekitar.

Di kesempatan ini Herman Deru juga memberikan ucapan selamat dan sukses kepada pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim yang telah dilantik yang secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dia berharap Gubernur dan Wagub Lampung yang telah dilantik dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan Pemprov. Sumsel apalagi bagi dirinya gubernur Lampung tersebut bukan orang asing.

“Bapak Arinal kebetulan sekampung sama ayah saya, ada hubungan yang baik saya dengan beliau secara zohir dan bathin,” tandasnya.

Untuk diketahui  Arinal dan Chusnunia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 49/P Tahun 2019 Tentang Pengesahan Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa periode 2019-2024. 

Prosesi pelantikan diawali penyerahan petikan Presiden RI, setelah itu  Presiden didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin kirab menuju Istana Negara, diikuti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Sejumlah tokoh-tokoh penting hadir dalam pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim mulai dari kalangan menteri kalangan Bupati dan Walikota Se-provinsi Lampung.

Selain itu juga hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto.  Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Ketenagkerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu juga hadir Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.