Detak-Palembang.com PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang Fitrianti mengajak warga Kota Palembang untuk menanam tanaman obat keluarga (Toga) di perkarangan rumah. Toga memiliki banyak manfaat sebagai upaya preventif terhadap keluhan penyakit ringan. 

Demikian diutarakan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat mengunjungi Puskesmas Kampus, Rabu (19/6). Kunjungan tersebut bersamaan dengan Penilaian Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional  melalui Pemanfaatan TOGA dan  Akupresur Tingkat  Provinsi Sumatera  Selatan Tahun  2019.

Fitri mengaku kehadirannya untuk memotivasi Puskesmas untuk lebih bermanfaat dalam pelayanan bagi masyarakat. Dirinya mengajak masyarakat untuk menanam jenis tanaman toga di sekitar tempat tinggal.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menjelaskan Puskesmas Kampus sudah seperti rumah sendiri, karena dirinya besar di kawasan Kampus. Sebagai Wakil Walikota Palembang dirinya mengaku sangat konsen dalam penanganan kesehatan masyarakat. 

“Apalagi untuk asuhan mandiri kesehatan ini dapat dilakukan sendiri dan tidak memerlukan biaya yang besar. Bagaimana upaya kita khususnya Puskesmas dalam mengajak masyarakat untuk tahu dan mengenal tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan,” ujarnya. 

Sementara itu, Tim Penilai Provinsi Sumsel dr Ulfa Veronica, kunjungan kami untuk penilaian dan silaturahmi. Puskesmas Kampus ini sudah tidak asing lagi atas prestasinya. 

“Kami akan melakukan kunjungan langsung ke kelompok asuhan mandiri Puskesmas Kampus. Tindakan preventif saat ini sangat penting dalam menangani keluhan ringan kesehatan,” ujarnya.