Detak-Palembang.com PALEMBANG — Musibah kebakaran selalu menyisakan kisah pilu para korban yang tertimpa. Harta benda melayang dalam sekejap membuat para korban tidak mampu menahan emosi. Untuk membantu meringankan beban mereka Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda meninjau korban kebakaran di RT 18 RW 03 Kelurahan 1 Ulu Palembang, dan memberikan bantuan moril dan materil dalam bentuk uang kerohiman, Rabu (15/5) . 

Kebakaran yang menghanguskan dan meratakan lokasi ini setidaknya 13 rumah yang dihuni 16 kepala keluarga dengan 62 jiwa hancur menjadi arang.

“Ini hanyalah bantuan awal bagi bapak dan ibu sekalian. Masih ada bantuan lainnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,” ujarnya.

Dijelaskan Fitri, Pemkot Palembang bergerak cepat untuk menangani bencana kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.00 tersebut. “Mewakili Pemkot Palembang, kami turut berduka atas bencana ini,” ujarnya.

Kepada korban Fitri berpesan, agar warga tidak menghiraukan tentang surat menyurat yang turut terbakar seperti ijazah sekolah, sertifikat tanah, dan lain sebagainya. Pemkot Palembang akan membantu pengurusan surat menyurat pengganti tersebut.

Untuk penanganan pasca kebakaran, Dinas Sosial Kota Palembang telah mendirikan dapur umum bagi korban kebakaran. Dapur umum ini akan dioperasikan minimal tiga hari dan akan diperpanjang menyesuaikan kebutuhan.

Menurut keterangan warga, kebakaran yang terjadi di RT 18 RW 03 Kelurahan 1 Ulu tersebut diduga disebabkan oleh ledakan kompor dari salah satu rumah. Setidaknya empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan ulah si jago merah. Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 10.30.