Detak-Palembang.com LAHAT – Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Lahat Ke-150 Tahun perayaan ke XXI yang dibuka secara langsung oleh Ketua DPRD Lahat Samarudin, SH, berlangsung khidmat.

Samarudin berharap, dari perayaan HUT Lahat ke-XXI dapat mewujudkan Masyarakat Kabupaten Lahat Bersih, Cerdas, Aman, Hormonis dan Nyaman (Bercahaya) Menuju Sumsel Maju Untuk Semua.

“Marilah kita bergandengan tangan untuk memajukan Kabupaten Lahat lebih bercahaya dan senantiasa selalu menjaga adat istiadat serta kearipan lokal,” harapnya

Bupati Lahat Cik Ujang. SH pada kesempatan yang sama menyampaikan, meskipun baru hitungan bulan dirinya bersama H. Haryanto memimpin Lahat, namum sejumlah program sudah berjalan. Dari program sekolah dan berobat gratis, program keluargan harapan (PKH), program pengentasan kemiskinan, peningkatan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu lanjut Cik Ujang, adapun program lainnya yakni Pembangunan sumber daya manusia, Peningkatan ekonomi dan kesempatan kerja, penguatan ketahanan pangan, pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, kolektifitas dan penguatan dasar, reformasi birokrasi, kehidupan beragama dan seni budaya.

“Saya dan pak Haryanto akan selalu memegang amanah yang diberikan masyarakat demi mewujudkan Kabupaten Lahat yang sejahtera merata hingga pelosok pedesaan,” ungkapnya.

Cik Ujang kembali memamparkan, program meliput JPKM/berobat gratis telah dilaksanakan pada 1 Januari lalu, penyelenggaraan bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA), penanggulangan bencana longsor, penyediaan air bersih yang telah diterima sebanyak 120 unit yang diperuntukkan bagi masyarakat kebawah, pembangunan dan rehabilitasi jalan trans, memberikan bantuan kepada kelompok tani, Jum’at bersih dalam rangka menunjang program lahat bersih dan sehat, santunan kematian.

“Alhamdulillah program tersebut sudah berjalan sehingga dapat menjadikan lahat lebih berCahaya lagi,” tegasnya.

Disamping itu, Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru menyampaikan, Pada umur ke 150 tahun ini apa yang sudah dilaksanakan apa yang sudah dijalankan, sehingga apa yang dilakukan hari ini lebih baik dari hari kemarin.

“Kita berharap dengan bertambahnya umur Kabupaten Lahat dari apa yang kita lakukan akan lebih baik kesepannya,” Tandas Deru.