Detak-Palembang.com PALEMBANG – Bersama dengan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, Harnojoyo Walikota Palembang kembali mengajak masyarakat melaksanakan Shalat Subuh berjamaah yang kali ini digelar di Masjid Sultan Mahmud Badarrudin Jayo Wikramo. Dalam kesempatan ini terlihat ratusan jemaah memadati masjid yang dulu dikenal Masjid Agung Palembang ini untuk mengikuti Safari Subuh Pemkot Palembang, Kamis (02/05/2019).

Ketika ditemui, Walikota Palembang Harnojoyo menjelaskan pada Safari Subuh kali ini Pemerintah Kota Palembang juga melaunching aplikasi SiAbuh Ramadhan yang diharapkan dapat memacu masyarakat Kota Palembang untuk meramaikan masjid dan musholah, terlebih lagi di bulan Ramadhan nanti Pemkot Palembang akan memberikan hadiah kepada masyarakat berupa umroh bagi 20 orang yang dinilai baik dalam menjalankan Shalat Subuh berjamaah di masjid maupun mushola yang penilaiannya melalui aplikasi SiAbuh.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kota Palembang juga menerima penghargaan Rekor Muri terkait aplikasi pertama di Indonesia yang mengajak masyarakat untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Palembang menyiapkan hadiah menarik bagi pengguna aplikasi shalat subuh (Siabuh) teraktif. “Hadiahnya berupa 20 paket umroh bagi pengguna poin tertinggi,khusus Bulan Ramadan periode 5 Mei-4 Juni 2019,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, usai memimpin rapat koordinasi dan sosialisasi program Siabuh Ramadan bagi kepala OPD di lingkungan Pemkot Palembang,  Senin (29/4/2019) di Ruang Parameswara.

Dewa juga menyebutkan,  persiapan launching Siabuh Ramadan pada 1 Mei 2019 ini juga ditandai dengan Subuh Berjamaah di Masjid Agung Palembang yang rencananya diikuti sekitar 10 ribu orang.

Dewa menerangkan, aplikasi Siabuh lanjut Dewa, sekarang sudah bisa diunduh masyarakat Palembang melalui google Play dan play store. Caranya, dengan mengetikkan “Siabuh Kota Palembang”. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan klik daftar sekarang. Kemudian,  foto KTP atau kartu Identitas lainnya. Selanjutnya, isi biodata sesuai KTP dan pastikan semua biodata terisi dengan benar. Selesai mengisi biodata, klik daftar sekarang.

Setelah itu silahkan masukkan user dan password yang telah dibuat untuk menggunakan aplikasi Siabuh. “Untuk mendapatkan berkah hadiah, pengguna Siabuh harus melakukan absen menggunakan aplikasi tersebut saat melaksanakan Subuh berjemaah di masjid/musala,” kata Dewa.

Absen Siabuh dibuka pukul 04.00 hingga 06.00 WIB. Nilai poin berbeda sesuai dengan kecepatan absen, dengan interval poin 1 hingga 10. Dewa berharap seluruh pegawai memiliki komitmen yang sama untuk sama-sama berubah dan memberikan teladan di masyarakat.

Diakuinya, sebagai Sekda ia memiliki misi untuk optimalisasi mental dan spiritual bersama. “Dengan membiasakan subuh berjemaah akan membangun karakter akhlakul karimah PNS dan non PNSD,” ujar Dewa pula.