Detak-Palembang.com JAKARTA – Setelah melalui tahap kurasi selama beberapa waktu terakhir. Pada akhir Mei 2019, tepatnya 29 Mei, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mengumumkan 10 nominasi Kota/ Kabupaten (KaTa) Kreatif Indonesia. Salah satunya adalah Kota Palembang.

Selain Kota Palembang, sembilan kota/ kabupaten lainnya yang masuk di dalam nominasi tersebut adalah: Kota Malang, Kota Majalengka, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Kutai Kertanegara,  Kabupaten Rembang, Kota Balikpapan, Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar.

Kesepuluh kota tersebut, adalah hasil dari uji petik yang dilakukan oleh Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif (PM3I), mulai dari tahun 2016-2018 lalu di seluruh Indonesia.

Alhamdulillah, Kota Palembang masuk sebagai salah satu nominasi 10 kota kreatif, yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia tahun 2019.

Program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) ini bertujuan untuk melakukan pemetaan ekosistem, potensi, best practice dan permasalahan Pengembangan sistem ekonomi kreatif kabupaten/kota sebagai bagian dari “Sistem Ekonomi Kreatif Nasional, Menjadi acuan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pengembangan ekonomi kreatif kabupaten/kota, Memberikan acuan pengembangan ekonomi kreatif untuk kabupaten/kota, serta menjadi dasar kegiatan fasilitasi dan pengembangan ekonomi kreatif kabupaten/kota oleh quadruple-helix.

Menindaklanjuti progres dan keberlangsungan program PMK3I BEKRAF yang telah berjalan selama beberapa tahun ini, maka pada tahun ini diadakan program untuk penguatan, sustainability, monitoring, evaluasi serta aktivasi kepada kabupaten/kota yang telah dilakukan asesmen uji petik PMK3I terhadap Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia yang diberi nama KaTa Kreatif Indonesia (Kab/Kota Kreatif Indonesia).

Tujuannya untuk mengevaluasi program, dan hasilnya telah mendapatkan 10 besar kab/kota yang nantinya akan diseleksi lagi dipilih menjadi 4 besar kab/kota. Selanjutnya 4 kab/kota yang terpilih nanti akan didorong, diberi pendampingan dan fasilitasi untuk menjadi Kota Kreatif Indonesia di tahun 2019 ini.

Seleksi untuk mendapatkan 10 besar kab/kota telah dilakukan pada tanggal 23-24 Mei 2019 yang lalu, dan terpilih 10 besar kab/kota yang dinyatakan lolos untuk kemudian akan bersaing memperebutkan 4 besar kab/kota. Ke 10 kabupaten/kota tersebut adalah : Palembang, Gianyar, Malang, Balikpapan, Surakarta, Rembang, Denpasar, Kukar, Semarang, dan Majalengka. Selanjutnya masing-masing 10 kab/kota yang terpilih ini akan melakukan presentasi dan paparan.

Selanjutnya, tim bentukan BEKRAF akan datang ke 10 kota/ kabupaten terpilih, untuk bisa melakukan audiensi dengan empat aktor kreatif (Komunitas Kreatif, Pemerintah, Akademisi dan Pelaku Bisnis). Pertemuan tersebut, rencana akan dibalut dalam kegiatan workshop, terkait dengan berbagai subsektor kreatif yang ada. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung mulai 10-17 Juni 2019.

Sementara, kegiatah workshop berjalan, proses seleksi KaTa Kreatif tetap akan berjalan. Dimana tim gabungan PM3I, KaTa Kreatif dan Asesor akan bekerja untuk mencapai tahapan final. Dimana nantinya akan dipillih empat kota/kabupaten kreatif di Indonesia.