Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah kota Palembang melalui walikota Palembang menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Palembang untuk tidak bergantung dengan sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, namun harus juga mampu menggali sumber pendanaan dari berbagai sumber termasuk dari dan Corporate Sosial Responsibility (SCR).

“Untuk mencapai cita-cita ini masing-masing OPD jangan berkutat dengan sumber pendanaan APBD saja. Namun harus pula mampu menggali sumber pendanaan lain termasuk dana CSR,” ujar Harnojoyo pada penyerahan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, Selasa (7/5),  di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Orang nomor satu di Kota Palembang ini mengatakan, RPJMD merupakan modal besar dalam mewujudkan cita-cita Palembang Emas Darussalam yang tertuang dalam RPJMD. Pimpinan OPD harus bisa mengejawantahkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Kota Palembang.

RPJMD merupakan arah pijakan bagi OPD dalam merumuskan program bagi kemajuan Kota Palembang. Semua program yang dilaksanakan OPD harus selaras dan berpedoman pada RPJMD.

Pada kesempatan itu Walikota meminta OPD untuk juga fokus mengembangkan kualitas sumberdaya manusia. Salah satunya dengan mendorong pegawai untuk meningkatkan strata pendidikan hingga strata 3. Dengan semakin banyak pegawai lulusan strata 3, diharapkan memberi pengaruh positif bagi kemajuan Kota Palembang.

“Bila perlu ada beasiswa untuk mendorong pegawai yang masih muda dan punya semangat untuk belajar untuk meneruskan S3,” imbuhnya.