Detak-Palembang.com  PALEMBANG – Pasar 16 Ilir sebagai pasar tradisional terbesar yang berada di Kota Palembang, setiap hari selalu dipadati pengunjung yang ingin mencari berbagai kebutuhan. Apalagi menjelang Lebaran Idul Fitri, pengunjung semakin membludak dan memadati setiap Lorong-lorong kios. Sayangnya, kondisi demikian selalu dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahil para pencopet.

Untuk mengantisipasinya aksi copet di pusat-pusat keramai, pihak kepolisian Polresta Palembang telah memajang wajah-wajah pencopet yang biasa melakukan aksinya. Spanduk bergambar wajah para pencopet sengaja di pampangkan untuk miningkatkan para pembeli untuk berhati-hati.

Spanduk dipasang pihak Polsek Ilir Timur I Palembang. Kapolsek IT 1 Palembang Kompol Edi Rahmat didampingi Kamit Reskrim Ipda Jhony Palapa mengatakan, Pasar 16 Ilir Palembang yang masuk wilayah hukumnya dikenal rawan pelaku pencopetan terlebih saat menjelang hari raya Idul Fitri.

“Selain memasang spanduk berisikan foto-foto pelaku pencopet, kami juga menyebar anggota Buser untuk melakukan pengintaian terhadap aksi pelaku pencopetan,” ujarnya, Kamis (30/5).

Dengan berkelompok, para pencopet melakukan aksinya di Pasar 16 Ilir. Setiap orang akan berperan sesuai masing-masing jobnya. Dengan begitu target korban tidak akan menyadari bahwa dirinya sudah menjadi sasaran tindak kriminal yang dilakukan para pencopet, sebab pelakunya bias saja laki-laki dewasa atau seorang perempuan dan bahkan anak-anak. 

“Para pelaku pencopetan ini tida hanya laki-laki, tetapi juga ada perempuan bahkan anak-anak. Tugas mereka bermacam-macam, sehingga setelah mengambil barang korbannya, satu pelaku langsung memindahkan barang korban ke pelaku yang lain,” ujarnya.

Oleh sebab itu Polsek IT 1 Palembang memasang foto-foto pelaku pencopet di wilayah Pasar 16 Ilir Palembang dan menyebar anggota Buser, agar masyarakat yang berbelanja mendapatkan rasa aman dan berharap selalu waspada terhadap barang bawaan.

“Kami himbau juga kepada masyarakat, apabila menjadi korban pencopetan untuk segera melapor ke pos pol terdekat atau pos pengamanan Polsek IT 1 Palembang. Sehingga, pelaku cepat dilakukan pengejaran,” pungkasnya.