Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak lima tahanan narkoba yang kabur dari sel Polresta Palembang telah ditangkap. Mereka ditangkap di lokasi berbeda-beda.

“Saat ini anggota kami sudah disebar di beberapa titik dan ada lima yang sudah ditangkap,” kata Kapolresta Palembang Kombes Didi Hayamasyah saat ditemui di lokasi, Minggu (5/5).

Didi mengatakan polisi terus mengejar tahanan kabur lainnya. Total ada 30 tahanan yang kabur dini hari tadi. 

“Untuk lima pelaku ini ada ditangkap di Mariana, Banyuasin. Sekarang kita pun masih mengejar sisanya, kita harapkan yang lain segera menyerah,” ucapnya.

Ia mengimbau para tahanan kabur agar segera menyerahkan diri. Selain itu, Didi mengimbau keluarga atau rekan tahanan supaya memberikan informasi kepada polisi jika mengetahui keberaraan mereka. 

“Saya mengimbau kepada tahanan dan keluarga untuk menginformasikan serta menyerahkan tahanan yang kabur. Jika tidak, ya, sesuai aturan akan kami ambil tindakan tegas,” tegas Didi.

Diberitakan, 30 tahanan Polresta Palembang kabur sekitar pukul 02.00 WIB, dini hari tadi. Semua tahanan yang kabur merupakan tahanan kasus narkoba dengan menjebol pintu sel dan ventilasi kamar.

Tidak hanya itu, kamera CCTV yang ada dipasang di depan sel yang dijebol juga rusak. Ditemukan juga balok yang berasal dari kusen pintu kamar mandi di dalam lorong ruang tahanan. 

Atas insiden ini, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain meminta petugas piket saat tahanan kabur diperiksa. Mereka diperiksa intensif oleh Propam Polda Sumsel untuk mendalami dugaan kelalaian dan adanya keterlibatan yang menyebabkan tahanan kabur.