Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sepak bola Inggris mencatatkan sejarah dalam persepakbolaan Eropa. Untuk pertama kalinya, empat tim finalis di Liga Champions dan Liga Europa berasal dari satu negara. Final sesama wakil Inggris baru saja dipastikan di ajang Liga Europa lewat keberhasilan duo London, Chelsea dan Arsenal melaju ke final. 

Arsenal melangkah ke partai puncak setelah berhasil membungkam wakil Spanyol, Valencia dengan keunggulan agregat 7-3. The Gunnersyang menang 3-1 di leg pertama memantapkan langkah mereka usai kembali menumbangkan Valencia 4-2 pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Mestalla, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB.

Sementara itu, Chelsea mampu memadamkan perlawanan wakil Jerman, Eintracht Frankfurt lewat drama adu penalti. Final Liga Europa musim 2018-2019 dijadwalkan berlangsung di Baku, Azerbaijan pada 29 Mei mendatang. 

Sehari sebelumnya, All English Final juga dipastikan terjadi di Liga Champions menyusul keberhasil Tottenham Hotspur mengalahkan wakil Belanda, Ajax Amsterdam. 

Di final, Tottenham akan menantang Liverpool yang mampu menyingkirkan Barcelona di semifinal. 

Final Liga Champions dijadwalkan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid pada 1 Juni mendatang.