Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak 200 Prajurit dan PNS Kodam II/Swj yang berasal dari seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj wilayah Garnizun Palembang, menerima Sosialisasi Kemampuan Komunikasi Sosial (Komsos) TA. 2018, yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial Kodam II/Swj bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, Rabu (7/3). 

Kegiatan  sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo. Adapun tema yang diusung adalah “Melalui Kegiatan Kemampuan Komunikasi Sosial, Kita Wujudkan Aparat Teritorial Yang Profesional Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pembinaan Teritorial Di Wilayah”.

Dalam sambutannya, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo menyampaikan bahwa komunikasi merupakan satu kebutuhan manusia yang mendasar karena kodrat sebagai makhluk sosial ada keterikatan dan ketergantungan antara satu dan yang lainnya.

“Untuk itu, sambung Aster, Kemampuan Komsos merupakan rohnya Binter (pembinanan teritorial) dan syarat mutlak yang harus dimiliki setiap prajurit dalam rangka mengambil hati masyarakat. Keberhasilan Binter sangat bergantung pada keberhasilan dalam melaksanakan Komsos”, ujarnya.

Kolonel Inf Rionardo juga mengingatkan bahwa menjelang Pilkada, bagi anggota TNI maupun PNS harus menjaga dan menjunjung tinggi netralitas pada pemilu, baik pilkada maupun Pilpres tahun 2018.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo, juga menyampaikan materi sosialisasi tentang Tugas dan Peran TNI AD serta Pokok-pokok Kebijakan Kasad Tahun. 2018 Bidang Teritorial. Selain itu, para peserta sosialisasi juga menerima materi sosialisasi tentang “Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada Tahun. 2018 dan “Tehnik Meningkatkan Kemampuan Komsos,” yang disampaikan oleh Pabandya KomsosLetkol Inf Debok.