Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kemajuan Kota Palembang yang begitu pesat, terutama perkembangan jumlah kendaraan di jalan raya membutuhkan pengawasan yang lebih serius. Untuk itu, melengkapi yang sudah ada, sebanyak 15 persimpangan di Kota Palembang kini diawasi langsung oleh kamera Closed Circuit Television (CCTV) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang bantuan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dishub Kota Palembang, Kurniawan menyampaikan, ada 29 kamera CCTV yang sudah terpasang dan dapat dipantau langsung dari ruangan ATCS (Area Trafic Control System) yang terletak di lantai 2 kantor Dishub Kota Palembang.

“Sekarang lagi tahap persiapan termasuk persiapan SDM (Sumber Daya Manusia) nya,” terangnya, Selasa (28/8).

Pria yang pernah menjabat Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang ini juga menyampaikan, sejauh ini, pemasangan CCTV termasuk ruangan pemantau sudah hampir rampung, termasuk pemograman sistem pemantaunya.

“Jadi nanti ini akan menjadi kamera pemantau lalu lintas di Kota Palembang. Saat ini kita fokus dulu di persimpangan untuk mengatur trafik light, dan memantau pelanggar,” ungkapnya.

Kedepan, CCTV yang diapasang Dishub ini, dapat dimanfaatkan untuk penegakkan pelanggaran lalu lintas yang dilaksanakan satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Palembang maupun Dirlantas Polda Sumsel.

“Jika ada yang melanggar tinggal foto bukti pelanggaran dan surat tilang ke alamat rumah pelanggar. Tapi ini harus benar-benar ditegakkan,” ulasnya.

Selain itu CCTV yang akan disediakan terkoneksi dengan jaringan yang dimiliki Satlantas Polresta Palembang dan beberapa satuan keamanan kepolisian.

“Sekarang kita siapkan dulu, setelah beres ini akan sama seperti NTMC milik Polda Sumsel,” tandasnya.