Detak-Palembang.com PALEMBANG РSebanyak 1200 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait siap mengamankan penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Sumsel yang digelar 1-7 Juli 2022 mendatang. 

Hal ini terungkap saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan FORNAS VI 2022, di halaman Griya Agung Selasa (28/6) pagi. 

Usai menjadi Irup apel  Gubernur Herman Deru mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini harus dilakukan tak lain untuk melayani tamu-tamu yang akan berkunjung ke Sumsel meramaikan FORNAS VI. Sehingga tercipta kemanan dan ketertiban di Kota Palembang dan Kab Ogan Ilir dan kab/kota di Sumsel pada umumnya dlm menyambut FORNAS. 

Menurutnya situasi keamanan yang kondusif sangat diperlukan untuk meredam gejala yang terjadi di masyarakat dengan menyusun langkah antisipatif. 

“Kenapa TNI-Polri dan lainnya harus dilibatkan bahkan kita adakan rembuk khusus karena kit harus layani, beri keamanan dan kenyamanan.  Apalagi tamu yang terkonfirmasi sampai pagi ini ada 12.000 pegiat, belum official, keluarga, KORMI, Gubernur, Walikota dan Bupati yang datang. Ini tentu harus kita buat senyaman mungkin,” ujar Gubernur Herman Deru. 

Menurut Herman Deru personel tersebut belum termasuk dari Kabupaten/Kota termasuk yang ikut mengamankan dari berbagai pintu masuk. 

“Pintu masuk Sumsel ini banyak bisa dari OKUT, tol OKI, Bayung Lincir, Muratara dan banyak lagi yang harus diantisipasi,” jelasnya. 

Dengan kenyamanan dan keamanan itu diharapkan para tamu akan semakin betah menjadi tamu dan  berwisata di Sumsel. Serta pelaksanaan FORNAS  berlangsung tertib dan lancar. 

“Makanya kita sudah kumpulkan IKM, UKM agar bergerak membuat merchandise, kuliner atau apapun bentuknya agar terjadi eskalasi ekonomi mulai dari tingkat bawah,” jelasnya. 

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga meminta TNI Polri, Forkopimda Sumsel dan instansi terkait lainnya serta seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan bahu membahu dalam menjaga Sumsel yang aman dan tertib. 

“Semoga semua anggota pengamanan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan menindak tegas setiap bentuk gangguan keamanan untuk hasil yang maksimal,” terangnya. 

Di tempat yang sama Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Toni Harmanto membenarkan bahwa pihaknya akan menyiagakan 1.200 personel dalam rangka pengamanan FORNAS VI di Sumsel. Ribuan personel tersebut terdiri dari TNI/Polri dan instansi terkait lainnya. 

Selain melakukan pengecekan pasukan dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga melepas show of force dan iring-iringan dari TNI Polri, instansi dan masyarakat. 

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan S.IK. SH, Pangdam II Sriwijaya diwakili Asops Kodam II Sriwijaya Kolonel Inf. Mahbub Junaidi, Kajati Sumsel diwakili, Aspidum Kejati Sumsel Sutiko SH. MH, Kabinda Sumswl diwakili Korwil Binda Sumsel, Letkol. CPL Gusra Muttaqn, Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa, Kaprestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib, Perwakikan Danrem.044.Gapo, Perwakikan Danlanal, Ketua KORMI Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru, Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI Sumsel, Achmad.Syamsuddin dan sejumlah kepala OPD lainnya.*