Detak-Palembang.com SEKAYU- Kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali mendapat sorotan, setelah sukses menggelar event Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2004 lalu, kini bumi Serasan Sekate bakal menjadi tuan rumah hajatan olahraga tingkat internasional yang diikuti 12 negara Asian.

“Saat ini yang sudah dipastikan cabor (cabang olahraga,red) volly yang akan dipertandingkan nantinya, tapi kami masih akan mengkroscek beberapa cabor lagi yang dipertandingkan nantinya. Diprediksi event ini akan digelar Juli 2018 mendatang,” ungkap Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Republik Indonesia, DR Raden Isnanta MPd, Kamis (21/12).

Dijelaskan, event internasional tersebut merupakan rangkaian menyambut Asian Games 2018 mendatang yang akan digelar pada Agustus 2018. “Jadi, ini rangkaian Road To Asian Games dan untuk di Sumsel dimulai dari Kabupaten Muba,” ulasnya.

Menurutnya, pihak Kemenpora RI menunjuk Kabupaten Muba melaksanakan event internasional menyambut Asian Games tersebut didasari dengan kelengkapan fasilitas dan sarana prasarana olahraga yang dimiliki.

“Selain itu, ini bisa dikatakan sejarah dunia olahraga di Indonesia, karena Muba satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang bisa menjadi tuan rumah event olahraga skala internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan terkait rencana event olahraga internasional tersebut pihakny akan melakukan persiapan dengan matang. “Event ini juga nantinya bisa membuka wawasan atlet Muba dalam pertandingan tingkat internasional,” ujar Dodi.

Ia menambahkan, Pemkab Muba menyambut baik rencana Kemenpora tersebut dan siap menyukseskan. “Kebutuhan akan disiapkan dan Muba komitmen akan menjadi tuan rumah yang baik dan berjalan dengan sukses,” pungkasnya.