Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Perhimpunan Advokat Indonesia (HUT Peradi) Palembang, mengadakan Moot Court Competition (MCC) atau Kompetisi Peradilan Semu di Ruang Sidang Utama  Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang, Sabtu (20/01).

Ketua Peradi Palembang, Nurmalah mengatakan kompetisi peradilan semu ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan pengalaman  bagi mahasiswa Fakultas Hukum dan Sekolah Tinggi Hukum untuk mengembangkan diri, terutama aplikasi dari matakuliah hukum acara.

“MCC ini diikuti oleh 11 Universitas dan Sekolah Tinggi Hukum se-Sumbagsel. Ada yang dari Pangkal Pinang, Belitung, Jambi, Lampung,” jelasnya.

Lanjutnya, dari Palembang di ikuti oleh Universitas Muhammadiyah, Universitas Syakhyakirti, Universitas Taman Siswa, Sekolah Tinggi Hukum Sumpah Pemuda. Sementara Universitas Sriwijaya tidak mengikuti MCC ini karena sedang mengikuti MCC yang diadakan oleh Mahkamah Agung.

“Untuk MCC ini akan diberikan penilaian Hakim terbaik, Jaksa terbaik, Penasihat Hukum terbaik. Kita juga memberikan penilaian pada pemberkasan terbaik,” katanya.

Ditambahkannya, untuk pemberkasan akan dinilai apakah  berkasnya memenuhi syarat berkas perkara. Sementara Jaksa terbaik akan dinilai dari surat dakwaannya dan Penasihat Hukum terbaik akan dinilai dari pembelaannya. Untuk Hakim terbaik akan dinilai dari cara bertanya dan semua hal tekhnis lainnya.

“Kita menyiapkan Jurinya dari perwakilan Hakim, Jaksa dan Pengacara. Juri akan menilai semua peserta baik itu berkas  serta teknis persidangan,” tutupnya.