Detak-Palembang.com PALEMBANG – Direncanakan 400 peserta dari 10 negara ikut ambil bagian dalam Event Triathlon 2019 yang akan digelar di Kota Palembang 10 Februari 2019 mendatang, disamping peserta local dan nasional.

Karena olahraga ini menggabungkan tiga cabang olahraga renang, bersepeda dan lari maka rute bersepeda akan menggunakan jalan mulai dari Jakabaring Sport City (JSC), Jalan Gubernur H. Bastari, Ampera dan sebagian Jalan Jenderal Sudirman tepatnya posisi Air Mancur sebagai arah putaran berbelok. Rute diteriskan berbalik arah ke JSC.

“Hari ini kita kumpul bersama komunitas lari di Kota Palembang, ada Palembang runner, LSS, Indorunners Palembang, timnas triathlon, dan tim Roka Jakarta. Dimana kita kembali melakukan sosialisasi terkait akan diadakannya event Internasional Palembang Triathlon 2019 di Palembang,” terang Pendiri Triathlon Indonesia, sekaligus pelaksana Palembang Triathlon 2019, Haidir Akbar, Minggu (10/2/19) di Rumah Dinas Walikota Palembang Kambang Iwak.

Dalam sosialisasi tersebut Haidir mengajak masyarakat untuk mensuport kegiatan tersebut, sepanjang jalur yang akan dilewati peserta, akan kita tutup sementara, agar masyarakat yang beraktifitas nanti bisa mencari jalan alternatif lain.

“Kami sampaikan kepada masyarakat jika pekan depan akan ada perlombaan yang akan melibatkan peserta bersepeda dari berbagai negara,” ungkapnya.

Nantinya, sambung Haidir, akan ada 400 atlit lebih, yang akan datang ke Palembang. Dan selama pelaksanaan warga Kota Palembang dapat memberikan semamangat.

Pelaksanaan Palembang Triathlon 2019 ini, sama seperti pelaksanaan Asian Games 2018 lalu. Dimana, keberhasilan pelaksanaan sangat tergantung kepada suport warga Palembang.

“Jika mau datang tolong disuport, jika tidak hindari hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran, termasuk jangan lewat jembatan Ampera agar trafiknya berkurang. Soalnya takut peserta yang sedang bersepeda dengan kecepatan tinggi, orang naik motor sambil main hp, kesenggol maka kita yang malu. Itulah kenapa kami selalu minta dari jauh-jauh hari,” ungkapnya.

Adapun negara-negara yang akan ikut mengirimkan perwakilannya dalam event tersebut, ada dari UK (United Kingdom), Belanda, Portugal, Aljazair, Australia, Singapura, Malaysia, Perancis, Indonesia sendiri dan beberapa perwakilan negara lain.

“Kami berharap hal yang sama juga dilakukan dalam event ini, dengan menyambut para tamu yang datang dengan baik. Karena event ini sedikit berbeda karena dilaksanakan di jalan raya, berbeda dengan Asan Games yang dilaksanakan didalam area JSC,” terangnya.