Detak-Palembang.com PALEMBANG-Kota Palembang, Sumatera Selatan akan menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) Palembang ke-X 2018, 11 – 18 November mendatang. Even yang memperebutkan 1.591 medali tersebut, akan diikuti oleh 1.913 atlet yang berasal dari 18 Kecamatan yang ada di wilayah Kota Palembang.

Ketua KONI Kota Palembang Suparman Romans mengatakan, Porkot ke X Palembang ini tergolong unik karena akan diikuti oleh 2 Kecamatan baru. Yakni, Kecamatan Ilir Timur III dan Jakabaring.

“Jadi Porkot tahun ini ada penambahan dua kecamatan yang nantinya akan bersaing demi menjadi atlet Palembang yang nantinya akan mewakili Palembang pada ajang pekan olahraga provinsi 2019 mendatang,” ujarnya saat memberikan keterangan di gedung KONI Kota Palembang, Kamis (8/11/2018).

Ia menjelaskan, ada 18 cabang olahraga pada Porkot ke-X tersebut. Yakni, Atletik, Silat, Karate, Taekwondo, Futsal, Renang, Catur, Bola Basket, Voli, Sepakbola, Bulutangkis, Panahan, Sepak Takraw, Menembak, Anggar, Tenis Meja, Panjat Tebing, dan Sepatu Roda.

“Sebenarnya pada Porkot kali ini akan mempertandingkan 20 cabor, tetapi ada dua cabor yang dibatalkan diantaranya, tenis lapangan dan kempo. Ini dibatalkan karena kuota minimal 6 kecamatan setiap cabor itu tidak terpenuhi, sehingga dibatalkan,” ungkapnya.

Suparman menambahkan, perhelatan Porkot ke X sendiri akan di buka langsung oleh Walikota Palembang Harnojoyo dan SKPD terkait di stadion Kamboja Palembang, Minggu (11/11/2/18) pada pukuk 15.00 Wib. Selain itu juga, tujuan utama perhelatan ini yakni, dalam rangka mempersiapkan kekuatan Palembang pada pekan olahraga provinsi (Porprov) di Prabumulih 2019 mendatang.

“Jadi selain mempersiapkan atlet untuk Porprov 2019, juga sarana menjadi tolak ukur sejauh mana prestasi atlet 18 kecamatan yang ada di Palembang. Dan nantinya akan dibina Koni Kota Palembang untuk selanjutnya ke tingkat provinsi,” pungkasnya.